Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa
Abstrak:
Manajemen waktu merupakan
perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan produktivitas waktu. Waktu menjadi
salah satu sumber daya untuk kerja, maupun melakukan suatu aktivitas.
Efektivitas terlihat dari tecapainya tujuan menggunakan waktu yang telah
ditetapkan sebelumnya. Kita sering mendengar bahwa waktu adalah uang. Tapi sebenarnya
berapa banyak diantara yang benar-benar mampu memanfaatkan waktu yang kita
miliki dengan sebaik-baiknya. Kedisiplinan merupakan cara untuk membuat
seseorang meraih kesuksesan. Banyak mahasiswa, terutama mahasiswa baru merasa
bahwa kebiasaan belajar yang dilakukan sudah memadai manajemen waktu yang
efisien. Efektif dan efisiennya kedisiplinan seorang mahasiswa tergantung
kepada manajemen waktu yang diterapkan, mahasiswa dapat melakukan kedisiplinan dengan
pengaturan waktu yang baik dengan cara jangan menunda atau menunggu untuk
melakukan suatu aktifitas penting.
Kata Kunci : Manajemen waktu, Mahasiswa
PENDAHULUAN
Mahasiswa pada umumnya hanya fokus pada kuliah, tiga
aktivitas utama seorang mahasiswa yang umum adalah kuliah, berorganisasi dan
waktu khusus untuk pribadi dan teman-teman (Me Time). Banyak juga mahasiswa
yang melakukan internship (Magang).
Manajemen waktu adalah suatu
cara untuk mengatur dan memanfaatkan setiap bagian dari waktu untuk mengatur
dan memanfaatkan setiap bagian dari waktu untuk melakukan aktivitas tertentu
yang sudah ditargetkan atau ditentukan dalam jangka waktu tertentu dan
aktifitas tersebut haruslah diselesaikan. Manajemen waktu yang baik bagi
mahasiswa yaitu dengan membuat data pekerjaan atau aktivitas tersebut. Manajemen
waktu dapat memberikan hasil yang lebih baik jika dilakukan dengan
sungguh-sungguh tentunya dengan disiplin dan komitmen yang tinggi. Permasalahan
yang sering terjadi pada mahasiswa bagaimana mereka mengatur waktu dengan baik
dan salah menentukan prioritas.
TINJUAN
PUSTAKA
Manajemen waktu
Waktu merupakan suatu komoditas yang
paling bernilai. Ia merupakan suatu jenis sumberdaya yang tidak dapat
dipengaruhi (Taylor, 1990). Menurut Jones dan Barlett (2004) manajemen waktu
merupakan kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan dan melaksanakan
tanggung jawab individu demi kepuasan individu tersebut.
Menurut Shaw
(Dalam Gie,1995) Manajemen waktu yaitu belajar menggunakan waktu untuk suatu
ketrampilan perolehn yang berharga, ketrampilan yang memberikan keuntungan-keuntungan
tidak saja dalam studi, melainkan sepanjang hidup.
Menurut Macan dkk (1990) dan Davidson (dalam puspitasari, 2013) berikut
adalah aspek-aspek manajemen waktu :
1. Penetapan tujuan dan prioritas
Aspek ini berkaitan dengan apa yang akan dicapai atau dituju dengan
membuat prioritas yang melibatkan perencanaan dengan membuat skala kepentingan
seperti penetapan tujuan yang diinginkan, kebutuhan yang ingin dicapai untuk
mencapai suatu tujuan.
2. Mekanisme dari Manajemen waktu
Aspek ini meliputi perilaku terkait dengan mengatur waktu seperti membuat
daftar, membuat jadwal dan perencanaan.
3. Preferensi terhadap Pengorganisasian
Maksutnya adalah preferensi terhadap pengorganisasian mengacu pada
kecenderungan umum seseorang untuk menerapkan keteraturan.
4. Kontrol Terhadap waktu
Cara mengatur waktu dan pengontrolan terhadap hal-hal yang dapat
mempengaruhi penggunaan waktu. Untuk meminimalisir waktu yang terbuang bisa
dengan cara mengidentifikasi segala kegiatan dan memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk setiap kegiatan.
Mahasiswa
Mahasiswa adalah orang yang belajar
di Perguruan Tinggi. Mahasiswa dalam tahap perkembangannya digolongkan sebagai
remaja akhir dan dewasa awal, yaitu usia 18-21 tahun dan 22-24tahun(Monk &
Knoers, 2001). Pada usia tersebut mahasiswa mengalami masa peralihan dari
remaja ke tingkat dewasa.
Mahasiswa sebagai dewasa awal menurut Mapiare (1983) adalah masa
kematangan fisik dan psikologis.
Masa Studi yang efisien bagi mahasiswa adalah selama 8 Semester untuk
menempuh program sarjana. Tolak Ukur yang digunakan untuk melihat efektifitas
waktu studi dengan SKS ( Satuan Kredit Semester). SKS ialah takaran penghargaan
terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui
kegiatan terjadwal (Ummasyroh, Fadila & Herawati,2015).
Mahasiswa melalui kuliah mengalami tantangan akademis dan sosial yang
mengarahkannya pada pengembangan intelektualitas dan moral (Erma dalam
Hipjillah,2015).
Pendidikan yang
sempit hanya didalam bidangnya tidak cukup untuk menyadari potensi yang
dimiliki oleh seorang mahasiswa. Mahasiswa juga tidak hanya sekedar belajar di
bangku perkuliahan tetapi juga perlu menambah ilmunya dalam hal ini dengan
bersosialisasi, berorganisasi dan bekerja. Dengan demikian mahasiswa cenderung
lebih berkembang, memiliki banyak peluang untuk mengeksplorasi berbagai gaya
hidup dan nilai, menikmati kemandirian yang lebih besar dari pengawasan orang
tua dan mungkin lebih tertantang secara intelektual dalam menyelesaikan
tugas-tugas akademuk.
PEMBAHASAN
Pengertian Manajemen waktu
Istilah Manajemen berasal dari kata
management(Bahasa Inggris),berasal dari kata “To Manage” yang artinya mengurus
atau tata laksana. Sedangkan kata Time (Bahasa Inggris) yang berarti suatu
komoditas yang bernilai. Manajemen waktu yaitu seluruh rangkaian saat proses,
pembuatan atau keadaan berada/berlangsung.
Manajemen waktu
merupakan alat yang efektif untuk membantu seseorang atau suatu organisasi.
Manajemen waktu dapat dibantu dengan berbagai ketrampilan, peralatan, dan
teknik yang digunakan untuk mengelolah waktu dalam menyelesaikna tugas-tugas
tertentu dengan tujuan sesuai yang direncanakan.
Manfaat Manajemen waktu
1. Menghilangkan Kebiasaan Suka Menunda
Manajemen waktu yang baik akan mampu mengatasi kebiasaan menunda-nunda waktu
dengan cara mengatur waktu dengan baik dan efisien, mengutamakan hal penting
dari beberapa pilihan, menentukan deadline dari suatu aktifitas.
2. Membuat Diri Menjadi Lebih Disiplin
Manajemen waktu yang baik akan memberikan manfaat dimana anda akan mampu
mengatur waktu lebih baik serta dapat dijadikan sebuah keputusan dalam aktifitas
anda. Dengan cara membuat jadwal kegiatan dan peraturan untuk diri sendiri yang
akan menuntut anda agar lebih disiplin terhadap waktu.
3. Mempermudah Semua Urusan
Salah satu manfaat manajemen waktu yang sangat dibutuhkan oleh setiap
manusia, yaitu akan mempermudah semua urusan. Manajemen waktu yang baik
tentunya akan mempersingkat tenaga anda dalam mengambil sebuah keputusan,
sehingga lebih efisien dalam memecahkan sebuah masalah.
4. Menghindari Tabrakan antar Aktifitas
Manfaat manajemen waktu salah satunya adalah menghindari tabrakan dengan
aktifitas lainnya, dengan manajemen yang baik akan menghindarkan anda dari
kegiatan yang begitu banyak namun belum terjadwal dengan baik.
Tujuan Manajemen waktu Bagi Mahasiswa
Manajemen waktu
bertujuan membantu seseorang dalam mengatur waktu sebaik mungkin, Merencanakan
terlebih dahulu penggunaan waktu bukanlah suatu pemborosan melainkan memberikan
pedoman dan arah bahkan pengawasan terhadap waktu. Jebakan yang sering muncul
dalam manajemen waktu ialah rasa percaya diri dalam membuat keputusan dalam
mengerjakan suatu pekerjaan, Hal yang
paling penting dalam memanage waktu yaitu komitmen, dengan komitmen kuat dan
konsisten pada suatu rencana. Kualitas Manajemen waktu berpedoman pada empat
indikator : tetap merencanakan, tetap mengorganisasikan, tetap menggerakkan,
tetap mengorganisasikan, tetap menggerakkan, dan tetap melakukan pengawasan.
Strategi dalam memanajemen waktu
Dalam buku manajemen waktu karya Marion
E. Haynes Edisi ketiga (2010), ada beberapa tips atau strategi dalam
manajemen waktu yang efektif. Kelima tips manajemen waktu itu diantaranya
adalah sebagai berikut :
- Buatlah daftar dan tentukan prioritas sasaran mingguan
- Buatlah daftar “to do ” harian dan tentukan prioritas
- Curahlah perhatian utama pada Prioritas A
- Tangani setiap tugas sekali
- Terus menerus bertanya “bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang?, dan Kerjakan ”.
Dengan berbagai aktifitas tersebut, seorang mahasiswa harus mampu
mengatur waktu dengan baik, Dengan adanya banyak aktifitas yang menyita waktu
sehingga mahasiswa terkadang sulit dalam belajar. Berikut ini terdapat
kiat-kiat sukses dalam memanajemen waktu
untuk mahasiswa agar mengatasi suatu permasalahan.
- Belajar dimulai dari subyek yang membosankan atau sulit terlibih dahulu.
Alasannya kenapa hal yang membosankan terlebih dulu, karena jika kita
masih dalam keadaan segar kita dapat lebih dengan cepat mendapatkan inspirasi
dalam mengerjakan suatu tugas yang membuat kita nantinya akan bosan.
- Tentukan dan identifikasi waktu yang terbaik untuk kita setiap hari.
Tentukan dahulu anda termasuk “night person” ataukah “morning person”,
gunakanlah waktu terbaik anda untuk belajar, karna pada waktu terbaik anda ,
memungkinkan anda dapat menyelesaikan tugas dengan waktu yang lebih singkat.
- Cukup dan berkualitas dalam tidur dan makan.
Belajar adalah kegiatan yang sangat menguras waktu dan tenaga, jika
kesehatan kita kurang maka belajar anda akan terganggu dan membuang-buang
waktu, maka kesehatan adalah kunci utama.
- Tempat atau lingkungan belajar yang kondusif
Pastikan dalam kegiatan belajar anda berada pada tempat favorit anda, dan
dengan keadaan yang tenang, sehingga belajar anda akan berkualitas dengan baik.
- Jangan lupa dan jangan tinggalkan rekreasi
Kuliah bukan berarti belajar terus menerus , tetap harus mempunyai sosial
yang baik, dengan sesekali berkunjung ke tempat wisata, atau tempat hiburan
lainnya.
Penutup
Waktu
merupakan suatu aset yang sangat penting dalam kehidupan, dengan waktu yang
berkualitas akan menjadikan kegiatan kita menjadi lebih bermanfaat dan
berkesan. Memanage waktu merupakan
hal yang sangat penting dalam kgiatan mahasiswa, karena dengan adanya manajemen
waktu, mahasiswa akan lebih mudah dalam menentukan aktifitas atau kegiatan yang
bermanfaat baginya, manajemen waktu juga sangat berguna bagi mahasiswa yang
mempunyai kerja sampingan selain kuliah, mereka akan mampu memilih dan memanage
waktu mereka dengan baik, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan dalam dunia
perkuliahan.
Posting By : Fitri Awwaliyah / 141250000044 /Sistem Informasi /7 UNISNU JEPARA
DAFTAR PUSTAKA
Klaudia Rintan Santya.2016.Studi Deskriptif Manajemen Waktu Mahasiswa,Skripsi hlm.5-10.
SORA N diakses
09:45 05/01/2018, http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-waktu-dan-menurut-para-ahli.html
Dunia Kuliah : Manajemen waktu ala
Mahasiswa.Khusnul Khotimah 24 November 2015. Diakses 05 Januari 2017, http://blog.unnes.ac.id/duniakuliah/2015/11/24/manajemen-waktu-ala-mahasiswa/
0 Response to "KIAT KIAT MANAJEMEN WAKTU UNTUK MAHASISWA"
Posting Komentar