TEKNOLOGI INFORMASI & IMPLIKASINYA PADA STRATEGI BISNIS


     TEKNOLOGI INFORMASI & IMPLIKASINYA PADA STRATEGI BISNIS 



MENGAPA STRATEGI SI PERLU DI BUAT
  • Sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas sehingga perlu dioptimalkan.
  • Untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama.
  • Untuk memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan atau revenue maupun pengurangan biaya-biaya atau costs.
  • Untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang teknologi informasi.
  • Untuk menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.

Unsur-unsur Dalam Strategi SI
  1. Sistem Informasi :  jenis-jenis informasi apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan hal-hal yang berkaitan dengannya (kecepatan proses pengolahan data menjadi informasi, tingkatan detil informasi, cara menampilkan informasi, volume dan transaksi informasi, penangung jawab informasi, dan lain sebagainya).
  2. Teknologi Informasi : komponen-komponen perangkat keras (komputer, infrastruktur, alat komunikasi, dll.) dan perangkat lunak (aplikasi, sistem operasi, database, dll.) yang harus tersedia untuk menghasilkan sistem informasi yang telah didefinisikan.
  3. Manajemen Informasi : perangkat manusia (brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun dan mengembangkan teknologi informasi sejalan dengan perkembangan perusahaan di masa mendatang.

Penyusunan Strategi SI Hendaknya Memperhatikan :
  • Business Strategy
  • Business Trends
  • Competitor Analysis
  • IT/IS Trends
  • Existing IT/IS

   Keunggulan Strategis Bisnis Berbasis TI

  •   Cari tahu lebih lanjut tentang kebutuhan pelanggan.
  •   Memantau persepsi pelanggan layanan.
  •   Memungkinkan respon yang cepat dan akurat untuk permintaan pelanggan.
  •   Menyediakan berbagai pilihan pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  •   Mengurangi baru pengenalan produk timah kali.
  •   Aktifkan berbagi pengetahuan di seluruh organisasi untuk memfasilitasi inovasi.

   Kunci Sukses Bisnis Berbasis TI


  • Mengidentifikasi target pasar, dan mengembangkan basis unik informasi tentang pasar yang dipilih dan kebutuhannya.
  • Membangun proses spesialis melalui sistem untuk menghasilkan keuntungan biaya yang jelas atau khas proposisi nilai pelanggan vis-a`-vis server pasar secara umum.
  • Menghubungkan organisasi melalui sistem ke dalam proses bisnis pelanggan untuk meningkatkan biaya switching dan membangun hambatan potensi untuk masuk kembali dari server pasar secara umum.
·    
    Aspek Penting Dalam Penyusunan Strategi


  • Seleksi alam menyatakan bahwa organisasi yang menggunakan strategi high-payoff memiliki keunggulan kompetitif atas mereka yang menggunakan strategi rendah hasil.
  • Imitasi menggambarkan bagaimana organisasi meniru praktek rekan-rekan yang sukses dalam industri mereka.
  •  Penguatan ini berkaitan dengan bagaimana organisasi memonitor perilaku mereka sendiri dan mendukung strategi yang mengakibatkan hadiah tinggi di masa lalu.
  •  jawaban terbaik adalah perilaku di mana dalam organisasi merumuskan strategi mereka berdasarkan apa yang mereka harapkan pesaing mereka akan melakukan.

Related Posts:

0 Response to " TEKNOLOGI INFORMASI & IMPLIKASINYA PADA STRATEGI BISNIS "

Posting Komentar