Implementasi Manajemen Strategis Sistem Informasi

Implementasi Manajemen Strategis

 Cara atau jalan dimana para perencana strategi menentukan sasaran dan mengambil keputusan
  • Analyzing the environment.
  • Planning direction.
  • Planning strategy.
  • Implementing strategy.
Tahapan Perencanaan Strategis :

  • Menetapkan misi dan tujuan perusahaan
  • Meneliti ancaman dan peluang
  • Meneliti kekuatan dan kelemahan
  • Mempertimbangkan alternatif strategi
  • Memilih strategi
  • Implementasi strategi
  • Evaluasi strategi

PERUMUSAN STRATEGI
  • Merumuskan misi perusahaan, meliputi rumusan umum tentang maksud keberadaan (purpose), filosofi (philosophy), dan tujuan (goal).
  • Mengembangkan profil perusahaan yang mencerminkan kondisi intern dan kapabilitasnya.
  • Menilai lingkungan ekstern perusahaan, meliputi baik pesaing maupun faktor-faktor kontekstual umum.
  • Menganalisis opsi perusahaan dengan mencocokkan sumber dayanya dengan lingkungan ekstern.
  • Mengidentifikasi opsi yang paling dikehendaki dengan mengevaluasi setiap opsi yang ada berdasarkan misi perusahaan.
  • Memilih seperangkat sasaran jangka panjang dan strategi umum (grand strategy) yang akan mencapai pilihan yang paling dikehendaki.
  • Mengembangkan sasaran tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan sasaran jangka panjang dan strategi umum yang dipilih.
  • Mengimplementasikan pilihan strategik dengan mengalokasikan sumber daya anggaran yang menekankan pada kesesuaian antara tugas, SDM, Struktur, teknologi, dan sistem imbalan.
  • Mengevaluasi keberhasilan proses strategik sebagai masukan bagi pengambilan keputusan yang akan datang.

Related Posts:

0 Response to "Implementasi Manajemen Strategis Sistem Informasi"

Posting Komentar